0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
01/03/2023

SMP Negeri 1 Pabelan Memperingati Hari Sampah Sedunia

Administrator | Kegiatan

Pabelan (28/ 02/ 2023), SMP Negeri 1 Pabelan memperingati Hari Sampah Sedunia dengan mengadakan lomba membuat produk daur ulang sampah plastik. Tema yang diusung dalam peringatan Hari Sampah Sedunia adalah “Keren Tanpa Sampah Plastik”. Perlombaan tidak dapat diikuti oleh semua peserta didik SMP Negeri 1 Pabelan karena tanggal 28 Februari 2023 bertepatan dengan outdoor bagi kelas VII. Peserta lomba tersebut ialah peserta didik kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Pabelan.

Pukul 07.30 WIB, kegiatan peringatan Hari Sampah Sedunia dibuka dengan senam bersama oleh Ibu Ratih Fauziah, M.Pd.. Kurang lebih 15 menit para peserta terlihat bersemangat untuk mengikuti senam.

Selanjutnya, acara peringatan diisi dengan sambutan ketua panitia disertai tanya jawab.

Ibu Anjas Yanuar, S.Pd. mengatakan bahwa peringatan Hari Sampah Sedunia sebenarnya jatuh pada 21 Februari, namun SMP Negeri 1 Pabelan baru merayakan pada 28 Februari 2023. “Membuat produk hasil daur ulang sampah ini dapat mengedukasi anak-anak tentang kreativitas melalui sampah plastik. Kalian melakukan 3R yaitu reduce, reuce, recycle.” Jelas ketua panitia.

Setelah sambutan, para peserta didik mulai masuk ke kelas masing-masing untuk membuat produk dari sampah plastik. Wali kelas turut mendampingi kegiatan anak didiknya dalam membuat produk daur ulang sampah plastik tersebut. Berbagai kreativitas peserta didik dituangkan dalam kegiatan itu. Karya yang dibuat seperti vas bunga, tas jinjing, bunga plastik, mainan, dll. Hasil produk akan dinilai oleh tim juri yang telah ditentukan oleh panitia. Tim juri tersebut di antaranya Ibu Purwanti, S.Pd., Ibu Sri Harini, S.Pd., dan Ibu Umi Rofiatun Nikmah, S.Pd. Produk terbaik akan diambil juara 1 sampai dengan juara 3. Semua hasil produk setelah dinilai maka dipajang di Galeri Art sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta didik yang telah mengikuti peringatan Hari Sampah Sedunia.

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer