0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
07/03/2023

SEMARAK PERINGATAN HARI MUSIK NASIONAL DI SMP NEGERI 1 PABELAN

Administrator | Kegiatan

PABELAN (9/ 03/ 2023), Dalam rangka peringatan Hari Musik Nasional, SMP Negeri 1 Pabelan turut memeriahkan dengan mengadakan lomba drumblek antarkelas dengan Slogan “Musik cuma bikin berisik? Mari kita buat jadi asik..”. Dilansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, peringatan Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret pada awalnya dilaksanakan sebagai bentuk peringatan hari kelahiran pencipta lagu kebangsaan Republik Indonesia, yakni W.R Soepratman. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata hari kelahiran W.R. Soepratman bukanlah 9 Maret, melainkan 19 Maret. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengubah penetapaan Hari Musik Nasional yang diperingati pada setiap tanggal 9 Maret.

Semua peserta didik SMP Negeri 1 Pabelan dari kelas VII sampai IX ikut berlomba. Setiap kelas wajib mewakilkan grup drumblek minimal 20 siswa. Perlombaan drumblek dipusatkan di lapangan atas SMP Negeri 1 Pabelan.

Setiap kelas menampilkan drumblek dengan konsep yang bermacam-macam. Tak menyangka bahwa peserta didik SMP Negeri 1 Pabelan bisa menyuguhkan sebuah pertunjukkan drumblek yang begitu menarik. Perlombaan dinilai oleh tim juri yang mampu dalam musik seperti Bapak Ari Purwanto, S.Pd. guru seni musik, Ibu Monika Wara Mundisari, S.Pd., dan Bapak Annas Febriyanto, S.Pd. yang memang berpengalaman dalam hal musik.

Menurut salah satu juri drumblek sekaligus guru Seni Musik, Bapak Ari Purwanto, “Lomba drumblek ini bisa sebagai ajang mengembangkan bakat anak. Saya juga bisa tahu anak-anak yang bisa musik dan jadi mayoret. Saya akan rekrut mereka jadi tim drum band.” paparnya.

Tak hanya tampil di perlombaan, peringatan Hari Musik Nasional SMP Negeri 1 Pabelan melanjutkan dengan parade drumblek keliling Desa Bantar. Antusiasme anak-anak luar biasa. Walaupun sudah lelah tampil saat membawa alat-alat drumblek yang begitu berat, namun mereka tetap semangat menampilkan parade keliling Desa Bantar. Parade berakhir sekitar pukul 12.00 WIB di tengahnya terik matahari. Masyarakat seolah mendapatkan hiburan mendadak dari anak-anak SMP Negeri 1 Pabelan.

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer