0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
21/02/2023

Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW SMP Negeri 1 Pabelan

Administrator | Sosial

Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW SMP Negeri 1 Pabelan telah terlaksana pada Senin (20/ 2/ 2023) di ruang aula. Acara dibuka hadrah Rebana SMP Negeri 1 Pabelan yang dikoordinator oleh Ibu Tatik Mustaqimah Salma, S.PdI. Selanjutnya, pembacaan ayat suci Alquran Q.S. Al Isra’ ayat 78-80 oleh Muhammad Alwi dengan sari tilawah Rizki Asyifa.

Berikutnya, sambutan oleh kepala SMP Negeri 1 Pabelan, Ibu Nurzaka Sri Wandansari, M.Pd. Beliau memaparkan beberapa harapan terkait dengan peringatan Isra Mikraj tersebut.

“Semoga peringatan Isra Mikraj tidak hanya seremonial tetapi bisa diambil hikmahnya. Kita bisa meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. Kemudian, kita dapat merefleksi diri tentang ibadah kita. Terutama salat 5 waktu yang seharusnya dapat berjalan dengan lancar. Semoga anak-anak bisa menambahi salat sunah juga.” ungkap Ibu Wandan.

Acara inti peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW ialah materi oleh Bapak K.H. Hasan Al Farauq. Beliau pengasuh Pondok Pesantren Zainal Qurro, Bantar, Bringin, Kab. Semarang. Kurang lebih 1 jam Bapak K.H. Hasan Al Farauq menyampaikan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya kisah perjalanan itu, beliau mengajak para siswa untuk tidak melupakan salat 5 waktu.

“Ada hubungan yang relevan antara jumlah rekaat salat dengan tanggal kemerdekaan Indonesia. Artinya, sudah ada nuansa Islam dalam pembentuka tanggal kemerdekaa kala itu. Selain itu, nama-nama salat perlu kita benarkan juga seperti kata luhur. Jadi, hal itu tidak benar, yang benar ialah zuhur. Jangan sepelekan sebuah pilihan kata karena itu mengandung makna yang berarti.” ungkap Bapak K.H. Hasan di ruang aula SMP Negeri 1 Pabelan.

Puncak acara peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW ialah para siswa merangkum inti materi yang disampaikan oleh Bapak K.H Hasan Al Farauq. Terakhir, acara ditutup dengan makan snack di kelas masing-masing bersama wali kelas.

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer