0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
02/02/2023

Peringatan Hari Gizi dan Makanan Nasional

Administrator | Kesehatan

PABELAN - SMP Negeri 1 Pabelan meramaikan peringatan Hari Gizi dan Makanan 2023 dengan gerakan makan sehat bersama. Seharusnya, Hari Gizi dan Makanan jatuh pada 25 Januari 2023 namun SMP Negeri 1 Pabelan memeriahkan pada 31 Januari 2023 tepat pada momen seluruh siswa telah menyelesaikan penilaian sumatif 1 secara serentak. Kegiatan diwarnai dengan keseruan para siswa dalam mengikuti serangkaian acara di antaranya senam hidup sehat, pemaparan materi dari kepala sekolah, dan gerakan makan sehat bersama. Acara dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Semua siswa kelas VII-IX berkumpul di lapangan atas.

“Marilah kita gerakkan badan agar berkeringat dengan senam hidup sehat.”, kata Ibu Sindi selaku pemandu senam. Dari kepala, bahu, kaki bergerak selama kurang lebih 15 menit. Tak kalah semangat, wali kelas juga ikut senam hidup sehat.

Selanjutnya, ada sedikit sambutan dari ketua panitia yakni Ibu Sehati Nur Athiah, S.Pd. yang dilanjutkan oleh kepala SMP Negeri 1 Pabelan. Ibu Nurzaka Sri Wandansari, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan peringatan hari Gizi dan Makanan bertujuan untuk membangun kesadaran para siswa akan pentingnya gizi bagi usia anak SMP sehingga terhindar dari stunting. Menurut WHO (2015), stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Antusiasme peserta semakin membara saat salah siswa kelas IX C, Refan, maju menjawab terkait pertanyaan dari Ibu Nurzaka Sri Wandansari, M.Pd.

Usai senam hidup sehat, siswa bersama bapak ibu wali kelas membuka bekal masing-masing untuk makan sehat bersama. Makanan yang di bawa telah mengandung 4 sehat 5 sempurna. Begitu lahapnya siswa saat makan dan minum karena sebelumnya mereka telah mengikuti senam sampai berkeringat. Gerakan ini sekaligus mengajarkan siswa untuk tidak jajan sembarangan, lebih baik siswa membawa bekal dari rumah yang jelas terjamin kebersihannya.

 

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer