0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
17/02/2023

Penjaringan Kesehatan dari Puskesmas Pabelan di SMP Negeri 1 Pabelan

Administrator | Kesehatan

Dalam upaya mendeteksi secara dini masalah kesehatan yang segera ditindaklanjuti untuk mendapatkan data masalah kesehatan siswa kemudian dipergunakan untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kesehatan siswa, Puskesmas Kecamatan Pabelan bekerja sama dengan SMP Negeri 1 Pabelan melaksanakan pemeriksaan kesehatan seluruh siswa SMP Negeri 1 Pabelan selama 3 hari mulai dari 15 Februari 2023 sampai dengan 17 Februari 2023.

Rabu (15/2/ 2023) jadwal pemeriksaan pada jenjang kelas VII. Kamis (16/ 2/ 2023) jadwal pemeriksaan jenjang kelas VIII, dan Jumat (17 Februari 2023) jadwal pemeriksaan jenjang kelas IX. Serangkaian kegiatan pemeriksaan berlangsung kurang lebih selama 2 jam di ruang aula SMP Negeri 1 Pabelan.

Menurut Ibu Sehati Nur Athiah, S.Pd, kegiatan pemeriksaan ini merupakan agenda rutin bentuk kerja sama antara Puskesmas Pabelan dengan SMP Negeri 1 Pabelan untuk mengecek secara dini kesehatan siswa SMP Negeri 1 Pabelan.

Teknis kegiatan dimulai dengan pembagian sesi antara siswa perempuan dan laki-laki. Siswa perempuan berkumpul di lapangan atas untuk makan bersama bekal sehat yang telah mereka bawa. Bersamaan dengan itu, tim dari puskesmas menyampaikan materi tentang kesehatan tubuh secara singkat. Selanjutnya, para siswa minum pil cantik yaitu pil tambah darah secara bersama.

Saat para siswa perempuan makan bersama dan minul pil tambah darah, siswa laki-laki berada di aula untuk melaksanakaan pemeriksaan kesehatan seperti cek berat badan, ukur tinggi badan, cek mata, telinga, mulut, dan tensi tubuh. Tak haya itu, tim dari puskesmas juga melaksanakan screening merokok bagi siswa laki-laki. Hasilnya sangat bermanfaat.

Setelah para siswa laki-laki selesai pemeriksaan, para siswa perempuan bergantian menuju ruang aula menjalankan pemeriksaan oleh tim puskesmas dibantu oleh bapak ibu guru yang bergabung menjadi tim UKS SMP Negeri 1 Pabelan.

Dalam waktu bersamaan turut serta bapak ibu guru untuk melakukan ukur tensi dan cek gula darah secara bergatian dengan syarat membawa kartu KTP.

Harapan dari SMP Negeri 1 Pabalen tentang kegiatan ini adalah kegiatan pemeriksaan tersebut dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer