0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
17/12/2022

PENERIMAAN RAPOR DAN GELAR KARYA PESERTA DIDIK SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Admin | Pendidikan

SMP Negeri 1 Pabelan melaksanakan penerimaan rapor peserta didik semester 1 tahun pelajaran 2022/ 2023. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai Kamis, 15 Desember 2022- Sabtu, 17 Desember 2022. Tak seperti penerimaan rapor pada umumnya, SMP Negeri 1 Pabelan turut memeriahkan dengan acara gelar karya, pentas seni, dan market day. Gelar karya dan pentas seni dilaksanakan di Aula SMP Negeri 1 Pabelan sedangkan market day berada di sepanjang depan kelas VII A-C. Acara ini dihadiri pula oleh komite SMP Negeri 1 Pabelan. Tiga hari sebelumnya, peserta didik telah menyiapkan serangkaian acara bersama wali kelas masing-masing di bawah bimbingan Ibu Nurzaka Sri Wandansari, M.Pd. selaku kepala sekolah.

Kegiatan penerimaan rapor dan gelar karya digelar per jenjang. Kamis (15/ 12/ 2022) jadwal jenjang kelas VII, Jumat (16/ 12/ 2022) jadwal jenjang kelas VIII, dan Sabtu (17/ 12/ 2022) jadwal jenjang kelas IX. Acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Wali murid terlihat berdatangan silih berganti dari gerbang samping sekolah. Sebelum memasuki ruang aula, wali murid diperkenankan melihat market day bahkan membeli berbagai jajanan yang dijual oleh anak-anak. Jajanan tersebut seperti tahu bakso, lemper, nogosari, moci, jasuke, gendar pecel, sate-satean, es buah, es selasih, dan jajanan pasar lainnya. Tak butuh waktu lama, jajanan terjual laris dalam hitungan menit.

Selanjutnya, wali murid dipersilakan masuk ke ruang aula untuk melihat pameran hasil produk peserta didik dan pentas seni. Produk yang dipamerkan adalah hasil karya 11 mata pelajaran. Kemudian, pentas seni yang ditampilkan juga begitu beraneka ragam. Sebagian besar menampilakn tari kreasi dan reog. Kedua tampilan ini menjadi daya tarik para hadirin terutama reog yang merupakan kearifan lokal setempat. Anak-anak tampil dengan dandanan yang menawan. Mereka terlihat menampilkan pentas seni dengan senang hati tanpa paksaan dari gurunya.

Setelah itu, para wali murid menuju kelas untuk mengambil rapor sesuai dengan kelas putra-putrinya. Bapak ibu wali kelas menyambut baik di dalam kelas. Penerimaan rapor diawali dengan pemberian pengumuman dilanjut pembagian rapor. Bagi peserta didik yang spesial terkait penialian sikapnya, maka dipersilakan untuk menghadap langsung dengan kepala SMP Negeri 1 Pabelan, Ibu Nurzaka Sri Wandansari, M.Pd.

Penulis : Anggun Melati Sari, M.Pd.

Bagikan Ke:

Populer