0298 7102211
smpn1_pabelan@yahoo.co.id
Kab.Semarang, Jawa Tengah, INA. 50772
blog-img
24/01/2024

Kemeriahan LDK SMP Negeri 1 Pabelan

Tim Jurnalistik | Kegiatan

13 dan 14 Januari 2024 merupakan tanggal yang dinantikan oleh pengurus OSIS SMP Negeri 1 Pabelan Periode 2023/ 2024. Bagaimana tidak, pada tanggal tersebut dilaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) bagi para pengurus OSIS yang sebelumnya direncanakan untuk dilaksanakan pada pertengahan bulan november 2023. LDK tersebut baru bisa terlaksana pada bulan januari 2024 dikarenakan adanya pergantian kepemimpinan kepala SMP Negeri 1 Pabelan dan pelaksanaan agenda program kerja sekolah yang harus terlaksana sesuai jadwal.

Cornelius Freldy Rahawarin dan Ilham Fatikul Izz’y terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS setelah dilaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS pada 12 Oktober 2023 yang selanjutnya dilakukan pelantikan pengurus OSIS yang lainnya pada tanggal 28 Oktober 2023 Oleh Plt. Kepala SMP Negeri 1 Pabelan Ibu Umi Mazro’ah, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan LDK sendiri merupakan kegiatan yang wajib ditempuh oleh pengurus OSIS sebelum para pengurus OSIS melaksanakan tugasnya. Sehingga pelaksanaan LDK terus diupayakan oleh sekolah agar bisa segera terlaksana. Sehingga pengurus OSIS bisa sesegera mungkin menyusun program kerja dan merealisasikan program kerja tersebut.

LDK pengurus OSIS SMP Negeri 1 Pabelan Periode 2023/ 2024 diikuti oleh 30 peserta didik dengan dibuka langsung oleh Kepala SMP Negeri 1 Pabelan, Ibu Suprapti, S.Pd., M.Pd. dan ketua kegiatan LDK Bapak Annas Febriyanto Kurniawan, S.Pd. di aula SMP Negeri 1 Pabelan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut mengusung tema, “Sendiri Kita Adalah Setetes, Bersama Kita adalah Lautan dengan diisi oleh beberapa materi wajib dan beberapa kegiatan hiburan.

Materi wajib tersebut diantaranya, Materi visi misi sekolah yang diberikan oleh Ibu Suprapti, S.Pd., M.Pd., materi kepemimpinan oleh Bapak Annas Febriyanto Kurniawan, S.Pd., materi tata tertib oleh Bapak M. Fathoni Ananta Wibowo, S.Pd., materi keorganisasian oleh Bapak Badaruddin, S.Pd., materi program kerja sekolah oleh Ibu Monika Wara Mundisari, S.Pd., dan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Ibu Siti Masturotun, S.Ag. dengan didampingi oleh enam peserta didik pPengurus OSIS periode 2022/2023. Materi tersebut dikemas secara menarik oleh masing-masing pemateri agar bisa dipahami oleh pengurus OSIS dengan baik. Disamping materi wajib kegiatan LDK juga diisi oleh kegiatan hiburan diantaranya pentas seni, senam pagi, dan kegiatan outbond yang diisi oleh Ibu Sindi Sekar Utami, S.Pd., dan Bapak Andi Prabowo S.Pd.

 

Kepala SMP Negeri 1 Pabelan, Ibu Suprapti, S.Pd., M.Pd. menuturkan bahwa pemberian materi tersebut dapat melatih para pengurus OSIS untuk menjadi pribadi yang peduli, tanggap, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Sehingga hal itu bisa bermanfaat bagi diri pribadi peserta didik dan bermanfaat untuk kemajuan SMP Negeri 1 Pabelan.

Dalam sesi refleksi pada acara penutupan LDK, pengurus OSIS berharap agar kegiatan ini bisa dilaksanakan di luar sekolah. Mereka beranggapan jika LDK dilaksanakan di luar sekolah akan membuat pengurus OSIS lebih merasakan sensasi LDK yang sesungguhnya. Tentu masukan dari peserta didik tersebut menjadi pertimbangan tersendiri bagi sekolah untuk merencanakan dan menyelenggarakan LDK untuk pengurus OSIS pada periode berikutnya. 

Bagikan Ke:

Populer